Pages

Subscribe:

Labels

Cafe Bisnis Online

about me

Foto Saya
Banda Aceh, Aceh, Indonesia
hanya mahasiswa biasa yg ingin mencoba hal baru..

Labels

Search This Blog

Senin, 25 April 2011

11 Momen Terbaik Gary Neville di Old Trafford






Neville memang mencatatkan tinta khusus di buku sejarah sepakbola Inggris. Dia menjadi salah satu pemain paling sukses yang mengantar timnya, Manchester United berjaya di hampir sebagian besar kompetisi yang ada.

Ingin tahu prestasi yang sudah didapat Neville? Well, delapan titel Liga Primer, tiga tropi Piala FA, dua gelar Piala Liga, tiga kemenangan di Community Shield, satu kejuaraan Liga Champions, satu penghargaan di Piala Interkontinental dan satu gelar di Piala Dunia Antarklub. Luar biasa, bukan?




Namun, ada sepuluh momen yang pantas dikenang dari seorang Gary Neville, dari awal dia memulai karirnya hingga dia memutuskan untuk gantung sepatu di januari 2011.

 1. Bergabung dengan United sebagai siswa magang pada 1991, menjadi kapten tim junior Manchester United yang meraih gelar Piala FA di tahun pertamanya. Itulah tropi pertama Neville untuk United, meski hanya di level junior.

2.  Neville pun memulai karirnya sebagai pemain profesional untuk United pada September 1992, kala menghadapi Torpedo Moskwa di ajang Piala UEFA. Momen yang menggembiraan bagi Neville tentunya bisa menembus masuk ke skuad utama dengan hanya satu tahun di tim junior.

3. Yang lebih membahagiakan lagi mungkin adalah ketika Sir Alex Ferguson menunjuknya sebagai bek kanan utama United setelah Paul Walker, seniornya, mengalami cedera. Momen itu terjadi di musim 1994/95. Sejak saat itu, Neville pun menjadi opsi utama, meski kadang bergantian dengan Dennis Irwin.

4. Di tahun 1995, Neville sukses mencuri perhatian Terry Venables, pelatih timnas Inggris. Laga ujicoba melawan Jepang menjadi laga pertamanya membela panji The Three Lions. Sejak itu, Neville tak lagi tergeser dari posisinya sebagai bek kanan andalan Inggris meski pelatih Inggris sudah berganti sampai lima kali.

5. Piala Eropa 1996 menjadi turnamen internasional pertama Neville. Di setiap laga Inggris dia tampil, kecuali laga di semi-final karena sanksi skorsing, di mana Inggris tersingkir oleh tim yang menjadi juara saat itu, Jerman. Piala Dunia 1998, Piala Eropa 2000 dan Piala Eropa 2004 pun Neville ikut ambil bagian.

6. Bisa jadi Juni 1999 menjadi momentum terbaik Neville. Bagaimana tidak, dia bisa menggenapkan tropi juara Manchester United menjadi tiga dengan menggondol tropi Piala FA, Liga Primer dan Liga Champions. Neville juga tampil di 54 pertandingan untuk United di musim ini. Luar biasa!
7. Dua tahun berselang, Neville meraih gelar Liga Primer kelimanya bersama United. Dia juga langsung mendapat hadiah kontrak baru berdurasi enam musim dari klub dengan nilai total kesepakatan mencapai 11 juta poundsterling.

8. Desember 2005, Alex Ferguson memberikan jabatan penting untuknya, yaitu menjadi kapten United. Ban kapten didapatnya setelah Roy Keane meninggalkan klub. Bukti jika Neville memiliki peran dan tanggung jawab penting di United, sehingga mendapat kepercayaan tersebut. Dan untuk kali pertama sebagai kapten, Neville bisa mengangkat tropi pertamanya usai United menundukkan Wigan 4-0 di final Piala Liga.

9. 16 Juni 2007 adalah masa indah kehidupan pribadinya. Neville meresmikan hubungannya dengan Emma Hadfeld menjadi sepasang suami istri dan dua tahun kemudian mendapatkan putri pertama mereka Molly pada 11 Januari 2009, dan Sophie pada 25 Maret 2010.

10.  Pada Mei 2009, Neville mendapat panggilan lagi dari timnas Inggris setelah sempat absen panjang. Meski tidak sekali pun dimainkan Fabio Capello, Neville tetap mencatatkan namanya dalam sejumlah rekor, seperti pemegang rekor penampilan terbanyak untuk posisi bek kanan yang sebelumnya dipegang Phil Neal, tampil 11 kali untuk Inggris di tiga Piala Eropa juga memecahkan rekor, juga pemain dengan penampilan terbanyak yang tak bisa mencetak satu gol pun untuk timnas Inggris, selain gol bunuh diri tentunya.

11. 2 Februari 2011, Neville membuat keputusan besar dalam karirnya. Dia memutuskan untuk pensiun setelah nyaris 20 tahun berkarir di dunia sepakbola sebagai pemain hanya di sau klub, mancheter United. Laga terakhir Neville bersama United adalah saat menang 2-1 atas West Bromwich Albion di The Hawthorns. 

good bye Gary,,,



0 komentar:

Posting Komentar