Pages

Subscribe:

Labels

Cafe Bisnis Online

about me

Foto Saya
Banda Aceh, Aceh, Indonesia
hanya mahasiswa biasa yg ingin mencoba hal baru..

Labels

Search This Blog

Rabu, 20 April 2011

The Legend Man United, 'George Best'


George Best (1946-2005) adalah pemain sepak bola profesional asal Irlandia Utara, yang dijuluki "legenda sepak bola". Dia menjalani tahun-tahun terbaiknya bersama klub Inggris, Manchester United. Best bernomor punggung 7 dan bermain di posisi sayap.

Bakat Best "ditemukan" oleh pencari bakat United, Bob Bishop. Ia kemudian datang kepada Sir Matt Busby, pelatih dan manajer United saat. "Bos, saya telah menemukan orang yang jenius (dalam permainan sepak bola)!" seru Bishop.
Maka, Best segera bergabung dengan United. Lalu, ia menandatangani kontrak profesionalnya pada hari ulang tahunnya yang ke-17 (Mei 1963).

Best melakukan debut dengan tim utama empat bulan kemudian, dan mencetak gol pada pertandingan keduanya. Melihat bakatnya yang luar biasa, tim nasional Irlandia Utara segera memanggilnya untuk bergabung.Sepanjang karirnya, Best membela tim nasional Irlandia Utara sebanyak 37 kali. Sementara bersama United, Best telah tampil sebanyak 465 kali dan mencetak 180 gol. Puncak karirnya terjadi pada tahun 1968. Ia membantu United menjadi klub Inggris pertama yang juara Eropa (kini namanya Liga Champions). Ia juga terpilih menjadi pemain terbaik Benua Eropa.
Kelebihan Best terletak pada kemampuannya yang luar biasa. Ia cepat, berteknik tinggi, dan kreatif. Tidak heran, ia bisa menciptakan peluang dan mencetak gol dari posisi dan situasi yang kelihatannya tidak mungkin. Ia juga penuh percaya diri dan fokus pada pertandingan. Kejadian buruk sebelum pertandingan, biasanya tidak akan mempengaruhi penampilannya. Best tetap bermain cemerlang di lapangan hijau.

Singkat kata, pada dekade 1960-an itu, Best dikagumi banyak orang. Sudah jenius, tampan pula. Ia pahlawan bagi anak-anak dan remaja. Ia pun menjadi pemain sepak bola pertama yang dipuja bak selebriti. Banyak orang melontarkan kalimat candaan ini: "Pele good... Maradona better... George best!"

Sayang sekali, Best tidak bisa mengelola ketenarannya dengan baik. Ia suka "minum" dan hal ini mempengaruhi kebugaran dan kesehatannya. Karirnya menurun.Best meninggalkan United pada usia 28 tahun, bermain untuk beberapa klub kecil, dan akhirnya tutup usia pada usia 59 tahun karena sakit. Ia dimakamkan di Belfast Timur, Irlandia. Orang-orang menyesali kepergiannya, namun hingga kini tetap mengenangnya sebagai salah satu pemain sepak bola terbaik sepanjang masa.



0 komentar:

Posting Komentar