Pages

Subscribe:

Labels

Cafe Bisnis Online

about me

Foto Saya
Banda Aceh, Aceh, Indonesia
hanya mahasiswa biasa yg ingin mencoba hal baru..

Labels

Search This Blog

Rabu, 01 Juni 2011

Akhir Sebuah Generasi 'Setan Merah'



Gary Neville, Edwin Van der Sar dan Paul Scholes mengakhiri kariernya di Manchester United pada musim yang sama. Sebuah generasi di 'Setan Merah' baru saja berakhir.


Neville adalah yang gantung sepatu lebih dulu. Cedera yang tak kunjung usai sejak musim lalu membuatnya terpaksa mengumumkan pengunduran dirinya pada 2 Februari 2011 silam.

Neville adalah salah satu anggota Fergie's Fledglings, pemain-pemain binaan asli Sir Alex Ferguson, dan juga anggota dari generasi tersohor di 
UnitedClass of '92. Bersama Scholes, ia adalah anggota terakhir Class of '92yang bertahan di sana.



Beberapa anggota seperti Nicky Butt dan David Beckham sudah lama hengkang. Sementara beberapa lainnya, seperti Robbie Savage dan Keith Gillespie hengkang sebelum bisa menembus tim utama dan malah menjadi bintang di klub lain.

Dengan ikut pensiunnya Scholes, maka Ryan Giggs menjadi satu-satunya Fergie's Fledglings dari era 90-an yang tersisa.

Neville, Scholes dan Giggs adalah bagian penting dari kesuksesan United di era 90-an, seperti halnya Beckham dan Butt. Bersama beberapa mantan punggawa seperti Roy Keane, Dennis Irwin, Andy Cole hingga Dwight Yorke, mereka berperan dalam keberhasilan meraih beberapa gelar juara Liga Inggris. 



Di sisi lainnya ada Edwin Van der Sar, yang meski tidak seangkatan atau satu akademi dengan Neville dan Scholes, disebut-sebut yang terbaik setelah era Peter Schmeichel. Ia mengakhiri kariernya di usia 40 tahun. Fergie menyebut, sulit untuk mencari penggantinya.

Pria asal Skotlandia itu tak sekadar berucap. United membutuhkan kiper dengan kualifikasi khusus untuk bisa menjadi penjaga gawang mereka. Nama-nama muda nan berbakat, seperti Manuel Neuer dan David De Gea pun masuk daftar incaran. Kendati demikian, belum ada satu pun yang dipastikan bergabung.

Meski tampil sebagai juara Liga Inggris, dan akhirnya menorehkan rekor gelar melampaui Liverpool, The Red Devils menutup musim dengan kekalahan di tangan Barcelona pada final Liga Champions.

Pembenahan pun mutlak dilakukan. Fergie sendiri sudah mengindikasikan bahwa beberapa pemain siap diburu pada bursa transfer mendatang.

Tak ketinggalan, pria asal Skotlandia itu juga berniat untuk lebih sering melatih bakat dari akademi sendiri.

"Kami berharap bahwa dalam beberapa tahun ke depan pelatih kami akan bisa menghabiskan lebih banyak waktu bersama pemain muda, untuk melatih mereka dasar-dasar, kemampuan teknis, dan kepercayaan diri untuk menjaga bola sepanjang waktu," ucapnya.

United punya modal. Beberapa pemain muda mereka, seperti Tom Cleverley dan Danny Welbeck, diperkirakan bakal pulang dari masa peminjaman dan diorbitkan musim depan. Fergie pun seperti membangun generasi barunya di Old Trafford.

0 komentar:

Posting Komentar