Pages

Subscribe:

Labels

Cafe Bisnis Online

about me

Foto Saya
Banda Aceh, Aceh, Indonesia
hanya mahasiswa biasa yg ingin mencoba hal baru..

Labels

Search This Blog

Senin, 21 Maret 2011

Ryan Giggs 20 Tahun Berseragam Setan Merah


Ryan Joseph Giggs OBE. Siapa yang tak kenal nama tersebut? Semua fans Manchester United di seluruh dunia jika ditanya pasti akan menjawab “tahu”. Giggs lahir 29 November 1973 di Cardif, Wales dan terlahir dengan nama Ryan Joseph Wilson.

“Selama di Manchester United Giggs sudah merengkuh banyak gelar, yaitu Premier League (11), FA Cup (4), Football League Cup (4), FA Community Shield (8), UEFA Champions League (2), UEFA Super Cup (1), Intercontinental Cup (1), FIFA Club World Cup (1), FA Youth Cup (1)” 


Giggs memulai karir sepak bolanya di tim local kota Manchester Deans FC yang di latih oleh pencari bakat Manchester City. Lalu Giggs masuk kedalam akademi milik Manchester City saat usia 7 tahun.

Kehebatan Giggs tercium oleh pencari bakat Liverpool dan merekomendasikannya ke Kenny Dalglish manager Liverpool saat itu. Namun bukan hanya Liverpool yang tertarik, Manchester United pun juga tertarik, berawal saat pencari bakat Manchester United mengamati secara diam-diam Giggs hingga akhirnya Sir Alex Ferguson melihat langsung permainan Giggs kecil saat timnya Salford Boys menghadapi Manchester United U-15.

Dipertandingan tersebut Giggs mencetak Hattrick yang membuat Ferguson sangat terkesan. Pada akhirnya saat ulang tahunnya yang ke-14 Ferguson datang kerumahnya untuk mengajaknya bergabung dengan akademi Manchester United dan menawarkannya bermain secara Profesional dalam tiga tahun.

Giggs pun akhirnya menjadi pemain profesional saat berusia 17 tahun. Giggs melakukan debut untuk pertama kali setahun setelah itu, yaitu saat menghadapi Everton 2 Maret 1991 menggantikan Steve Bruce yang cedera.

Giggs mencetak gol pertamanya saat menghadapi Manchester City 4 Mei 1991 dan golnya menjadi penentu kemenangan bagi Manchester United. Giggs mendapatkan gelar pertamanya di ajang League Cup (Piala Carling) mengalahkan Nottingham Forest di Final.

Pada musim 1992/1993 Giggs sudah menjadi pilihan utama Sir Alex Ferguson untuk mengisi posisi sayap kiri.  Dimusim itu pula Giggs sukses mengantarkan Manchester United menjadi juara setelah 26 tahun.

Musim 1994/1995 adalah musim paling tidak mengenakan bagi Giggs, ia mengalami cedera selama 29 pertandingan dan hanya mencetak 1 gol. Giggs gagal membawa Manchester United menjadi juara Liga Primer yang di menangkan oleh Blackburn Rovers dan gagal memenangkan Piala FA setelah kalah 1-0 di final melawan Everton.

Puncak dari karir Giggs adalah membawa Manchester United meraih Treble Winner musim 1998/1999. Giggs mencetak gol yang sangat luar biasa di Final Piala FA mengalahkan Arsenal dan sangat andil besar di Final Liga Champions dan juara Liga Primer Inggris.


Musim 2007/2008 Giggs kembali sukses mengangkat Tropi Liga Champions setelah mengalahkan Chelsea di Final. Ini adalah tropi Liga Champions kedua baginya dan ketiga bagi Manchester United.



Selama di Manchester United Giggs sudah merengkuh banyak gelar, yaitu Premier League (11), FA Cup (4), Football League Cup (4), FA Community Shield (8), UEFA Champions League (2), UEFA Super Cup (1), Intercontinental Cup (1), FIFA Club World Cup (1), FA Youth Cup (1)


Saat ini Giggs sudah berusia 37 tahun, tetapi permainannya masih sangat bagus dan sangat dibutuhkan oleh Manchester United di saat keadaan terdesak dan untuk membantu mengembangkan permainan pemain muda Manchester United.

Setelah sebelumnya menyatakan akan pensiun akhir musim ini, Giggs pada akhirnya menyetujui dan menandatangani klausul kontrak baru untuk 1 musim kedepan bersama Manchester United.

Dengan begitu, kita masih bisa melihat aksi-aksi hebatnya setidaknya 1 musim lagi. Pada tanggal 2 maret 2011 lalu Giggs resmi sudah berseragam Manchester United selama 20 tahun sejak 2 Maret 1991 saat melakoni debut pertamanya bersama Maanchester United

Semoga Giggs mampu membawa Manchester United juara untuk yang ke 19 kalinya musim ini dan yang ke 20 kalinya musim depan.

0 komentar:

Posting Komentar